Jumat, 25 Januari 2013

Pencairan Dana BPPDGS & SPJ Madin NURUDH DHOLAM 2012

Cover SPJ Madin Nurudh Dholam
Digelontorkannya dana BPPDGS oleh Pemprov Jatim merupakan angin segar bagi madrasah - madrasah Diniyah di Jawa Timur. Jumlah dana sekitar Rp 20 milyar yang dialokasikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur plus dengan dana pendamping dari Pemerintah Kabupaten. Proses pencairan dana BPPDGS  (Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Dinuyah dan Guru Swasta) di Kabupaten Pacitan untuk Tahun 2012 ini mulai dicairkan ke rekenimh masing - masing madrasah diniyah pada pertengahan bulan Nopember. Kurangnya informasi, sosialialisasi dan koordinasi yang  jelas untuk tanggal penarikan dana bantuan tersebut antara pihak Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan Koordinator di wilayah kecamatan dengan madin - madin di wilayah kecamatan, berakibat pada proses pengambilan dana BPPDGS tidak serempak. Akibat ketidakserempakan penarikan dana BPPDGS tersebut dari rekening masing - masing madin berimbas pada keterlambatan sebagian madin dalam proses pembuatan SPJ/LPJ Laporan Pertanggungjawaban dana BPPDGS. Alasan keterlambatan sebagian madin menarik dana dari rekening antara lain informasi yang diterima hanya berasal dari mulut ke mulut sesama rekan - rekan pengelola madin istilahnya getok tular.  Sebenarnya dapat dipahami mengapa informasi tidak bisa secepat yang kita bayangkan mengingat kondisi geografis wilayah Kebonagung yang sebagian besar pegunungan dan jauh dari pusat informasi global. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi jika terjalin kerjasama/koordinasi yang baik antara pihak - pihak terkait yang menangani masalah dana BPPDGS sesuai dengan tupoksinya masing masing.
 
          Untuk madrasah diniyah Nurudh Dholam proses penarikan dana BPPDGS oleh pengelola dalam hal ini kepala madin Nurudh Dholam bapak Imam Muslim dan bendaharanya Iksanudin dilalakukan 3 hari setelah dana BPPDGS masuk ke rekening yaitu pada bulan Nopember. Dana yang sudah ditarik dari rekening segera dialokasikan sesuai Rencana Anggaran Belanja Madrasah dengan alokasi bantuan untuk jenjang ula yaitu 196 siswa dan 6 ustadz dengan rincian Rp.17.640.000 untuk santri dan Rp.10.800.000 untuk ustadz , jumlah keseluruhan Rp.28.440.000 sedangkan untuk jenjang wustho yaitu 106 siswa dan 3 ustadz dengan rincian Rp.15.900.000 untuk santri dan Rp.5.400.000 untuk ustadz , jumlah keseluruhan Rp.21.300.000.

          Dari Jumlah dana yang teralokasi untuk kegiatan operasional dan honorarium guru madrasah diniyah Nurudh Dholam tentunya yang paling merepotkan dan menyita waktu, tenaga, dan fikiran dari pengelola adalah pada tahapan pembuatan Laporan Pertanggung jawaban, tidak dapat dipungkiri bahwa rata - rata sumber daya manusia/SDM tenaga pendidik dan pengelola madrasah diniyah masih sangat kurang dari segi akademis terutama dalam penguasaan bidang teknologi komputer, sebenarnya dari pihak Dinas Pendidikan kabupaten Pacitan bagian Pelaporan yang menangani dana BPPDGS sudah membuat langkah yang sangat tepat dengan membuatkan aplikasi untuk laporan pertanggung jawabannya yang tentunya hal itu sangat membantu dan memudahkan pengelola dana BPPDGS dalam proses pembuatan SPJ.

         Harapan kami dari Madrasah Diniyah Nurudh Dholam agar kedepannya dana BPPDGS atau biasa disebut Bosda madin yang telah digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jatim tetap dapat berkelanjutan sehingga bantuan dana BPPDGS dapat  menjadi pemicu dan pemacu bagi madrasah diniyah untuk semakin berbenah diri, meningkatkan mutu dan kwalitas bukan hanya untuk peserta didiknya dalam hal ini santri santrinya tetapi juga kwalitas dan mutu tenaga pendidiknya/ustadz dan pengeloanya. Kedua agar dalam proses pencairan terutama dari pihak dinas terkait Dinas Pendidikan Kabupten Pacitan, Kementerian Agama Kabupaten Pacitan dan Koordinator wilayah kecamatan dan madrasah diniyah di wilayah masing masing selalu ada koordinasi dan kerjasama yang baik agar informasi dapat diterima dengan jelas dan detail. Mengingat letak geografis diwilayah pinggiran seperti kecamatan Kebonagung yang notabene merupakan wilayah pegunungan dan jauh dari informasi publik seperti internet dll. Karena kegiatan seperti ini merupakan suatu hal yang baru dan tentunya membutuhkan SDM dan mobilitas yang sangat tinggi bagi para pengelola BPPDGS. 

Bagi rekan rekan pengelola dana BPPDGS madin yang membutuhkan contoh SPJ MD Nurudh Dholam 2012 & aplikasinya dapat mengunduh dengan mengklik link/kata "Download" dibawah ini :
 
1. Form Aplikasi SPJ Madin Kab Pacitan 2012 klik Download

2. SPJ MD Wustho Nurudh Dholam Juli s/d Desember 2012
    klik Download Via 4shared dan Klik Download Via Ziddu

3. SPJ MD Ula Nurudh Dholam Juli s/d Desember 2012
    klik Download Via 4shared dan Klik Download Via Ziddu

Oleh : Administrator


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di sites resmi Pondok Pesantren NURUDH DHOLAM Sidomulyo Kebonagung Pacitan Jawa Timur. Terima kasih telah berkunjung di sites kami .....! Semoga kunjungan anda dapat menambah wawasan dan khazanah kepesantrenan anda !!! Copyright 2013 by Mazybut - NDOROGURU